Jamu untuk memperpanjang nafas merpati – Bagaimanakah cara membuat napas Merpati kuat dan panjang saat mengikut satu perlombaan? Untuk perkuat napas burung Merpati yang dibutuhkan ialah latihan fisik. Karena, konsumsi gizi makanan tidak sanggup membuat napas burung kuat tanpa latihan.

Burung Merpati sendiri harus memiliki napas yang kuat dan panjang. Maksudnya supaya burung sanggup terbang tinggi dan tidak kecapekan. Jika sampai kecapekan bahaya, resikonya burung dapat jatuh, tidak sadarkan diri, menubruk gedung, depresi, dan tidak dapat pulang karena lupa jalan pulang.

Hal ini telah banyak terjadi di kelompok pencinta burung Merpati. Oleh karenanya, mereka latih Merpati supaya napasnya kuat, panjang, dan tidak ngos-ngosan.

Latih napas Merpati penting untuk bikin Merpati kerja optimal. Makin lancar pernafasan, karena itu pembakaran makanan jadi maksimal. Napas Merpati yang kuat bisa membuat Merpati tahan dalam bermainnya. Bila Merpati kekurangan napas, karena itu energi dapat turun.

Burung Merpati yang kekurangan napas akan buka paruh untuk mengisap semakin banyak udara. Ini mengisyaratkan Merpati kecapekan dan memerlukan banyak latihan dan perawatan.

Langkah Perkuat Napas Merpati

1. Burung Merpati Dijemur

Proses penjemuran Merpati bisa menolongnya memperkuat pernafasan. Dalam penjemuran, Anda bisa melakukan start pukul 08.00 – 10.00. Makin hari, waktunya ditambahkan supaya kemampuan napas Merpati semakin bertambah.

Tetapi, janganlah lupa burung Merpati selalu harus dijaga supaya tidak diculik orang. Masalahnya telah ada kasus perampokan Merpati harga beberapa ratus juta karena ditinggalkan saat dijemur.

Penjemuran Merpati benar-benar disarankan karena cahaya matahari memiliki kandungan banyak vitamin D yang baik untuk badan. Harus diingat, penjemuran Merpati lebih bagus saat pagi hari. Jika terlampau siang, cahayanya malah tidak bagus untuk Merpati.

2. Latihan Fisik Merpati

Langkah latih fisik Merpati dapat dengan terbang jauh. Tetapi, Anda wajib melakukannya dengan bertahap. Contoh, minggu awal burung Merpati terbang sepanjang 10 mtr., karena itu minggu selanjutnya ditambahkan jadi 20 mtr..

Latihan ini harus bertambah supaya kemampuan napas Merpati makin kuat dan panjang. Janganlah sampai jarak tempuhnya turun. Misalkan, sebelumnya 50 mtr., selanjutnya karena satu hal latihannya turun jadi 30 mtr..

Oh ya, latihan fisik yang keras harus juga disertai dengan beristirahat cukup. Beri waktu istirahat sesudah Merpati jalani sesion latihan. Janganlah sampai Merpati giat latihan, tetapi saat lomba malah turun karena kecapekan.

3. Racikan Pakan Jamu Merpati

Anda dapat mengolah pakan jamu Merpati supaya napasnya panjang dan kuat. Apa yang diperlukan untuk bikin racikan jamu Merpati?

Beberapa bahan:

– Kuning telur ayam daerah atau bebek = 3 butir.
– Madu alam murni atau klanceng = 10 sendok makan.
– Kunyit atau kunir yang telah dilumatkan = 10 sendok makan.
– Kencur yang telah dilumatkan = 5 sdm.
– Jumpa kunci = seukur jempol orang dewasa.
– Umbi rumput teki = 5 butir.
– Sarang burung Walet = opsional.

Langkah membuat:

– Kuning telur digabung madu, lalu diaduk-aduk sampai mengental.
– Jumpa kunci, kunyit, kencur, dan umbi rumput teki dibakar, selanjutnya diparut dan ditumbuk sampai lembut.
– Seluruh bahan digabung dengan kuning telur dan madu dan diaduk-aduk sampai rata.
– Sesudah rata, adonan dijemur di bawah terik cahaya matahari sampai jadi 1/2 kering.
– Adonan dibuat beberapa butiran seperti pil kecil.
– Jika sudah jadi butiran pil kecil, racikan pakan jamu Merpati ini dikeringkan kembali dengan dijemur.
– Celupkan ke minyak ikan bila Anda ingin racikan ini lebih bermanfaat.
– Beri racikan pakan Merpati ini saat malam hari tiap 2-3 hari sekali sekitar 1 butir.
Sesudah diberi racikan, diamkan Merpati istirahat keseluruhan sampai esok harinya.

Tidak boleh menambah racikan jamu ini dengan pakan yang memiliki kandungan dampak panas, seperti jahe, lada, daging, dan sebagainya. Ini supaya tidak mengusik fokus burung saat dilatih ataupun waktu balapan.

4. Menjaga Kebersihan Kandang Merpati

Merpati yang sehat napasnya benar-benar terkait dengan kebersihan kandang. Karena, setiap hari Merpati ada di kandang. Jika kandang kotor dan berjamur, pasti ini bisa mengusik pernafasan Merpati.

Oleh karenanya, Anda harus sering-sering bersihkan sangkar Merpati. Janganlah sampai sisa kotoran Merpati jadi bibit penyakit dan memunculkan jamur. Masalahnya, jika sudah tumbuh jamur, karena itu jamur dapat terisap lewat napas Merpati dan menjadikan napas sesak.

5. Dilatih di Lingkungan yang Sejuk

Latihan Merpati lebih bagus dilaksanakan di lokasi yang sejuk, seperti sawah, lapangan, sampai perkebunan yang lega. Jika Anda memaksakan latihan di dekat pabrik yang asapnya mengepul hitam pekat, pasti burung Merpati jadi kesusahan bernapas. Disamping itu, penglihatan juga terusik.

Anda pun tidak dianjurkan latihan di tepi jalan yang ramai dilewati kendaraan motor. Selainnya beresiko sebab bisa terjadi tubrukan, asap motor benar-benar beresiko untuk kesehatan Merpati.

Begitu langkah membuat napas Merpati kuat dan panjang saat lomba. Yang paling penting, burung Merpati pada kondisi sehat dahulu. Jika sudah ditegaskan sehat, karena itu Anda bisa latih supaya napas Merpati jadi panjang dan kuat.

Untuk anda yang membutuhkan jamu merpati kesayangan bisa order di jamumerpatiku.blogspot.com.

Comments are closed.